Cara Modifikasi Revo – Performa motor, terutama dalam hal kecepatan sudah pasti tergantung dari kapasitas mesinnya. Demikian juga dengan Revo 110, dengan bekal kapasitas mesin 110cc performa motor bebek besutan Honda ini tidak begitu istimewa, jika tidak bisa dikatakan biasa-biasa saja.

Nah, bagaimana cara supaya kecepatan Revo 110 menjadi lebih kencang? Bagian mana saja yang perlu sentuhan modifikasi?

Cara Modifikasi Revo untuk Performa Lebih Kencang

Seperti yang dikatakan sebelumnya, performa mesin 110cc kurang begitu memuaskan dari segi kecepatan. Tidak hanya Revo namun untuk semua merk motor tipe bebek di kelas mesin yang sama.

Untuk modifikasi Revo secara keseluruhan, termasuk bodi dan mesinnya, mungkin butuh biaya cukup besar. Maka dari itu biasanya orang melakukannya secara bertahap. Jika dana memang sangat terbatas mereka cukup memaksimalkan performa mesin supaya kecepatannya lebih kencang.

Packing orisinil blok merupakan bagian pertama yang perlu diganti. Komponen ini umumnya memiliki ketebalan 0,4 mm. Untuk meningkatkan speed sebaiknya diganti packing dengan ketebalan 0,2 mm.

Jika kesulitan menemukan packing dengan ketebalan yang pas di toko spare-part, Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan karton atau plat sesuai ketebalan yang diinginkan. Pergantian packing dari 0,4 mm ke 0,2 mm tujuannya untuk memperpadat kompresi yang sudah ada.

Berikutnya untuk modifikasi Revo 110cc kita beralih ke bagian pembakaran. Komponen pembakaran atau busi ini bisa Anda ganti punya Honda Tiger 2000. Tentu saja kurang pas karena diameter lubang orisinilnya harus lebih besar. Untuk urusan membuat lubang busi yang pas Anda butuh bantuan bengkel bubut profesional.

Selanjutnya kita utak atik bagian blok ruang bahan bakar. Bagian ini terdapat blok yang bisa dirubah menggunakan noken as orisinil buatan Kawahara. Cara ini memungkinkan tutup kelep lebih cepat terbuka.

Nah, untuk bagian kelep sendiri sebaiknya diganti kelep punya Suzuki Carry untuk melancarkan asupan dan pembuangan gas.

Perubahan pada Karburator dan Knalpot

Karbu

Revo 110 menggunakan karburator dengan pilot jet orisinil 35. Pilot jet ini bisa diganti menjadi ukuran 38. Untuk menunjang tunggangan motor bebek ini ganti bagian knalpot dengan tipe Racing SND Freelow. Memang suara yang dihasilkan cukup membuat bising namun manfaatnya pembuangan gas menjadi semakin lancar.

Bagian CDI BRT dan Protec juga perlu sentuhan modifikasi dengan mengganti posisi orisinilnya. Tujuannya untuk melancarkan aliran listrik untuk pembakaran. Dengan demikian proses pembakaran lebih maksimal. Yang terakhir komponen kanvas kopling sebaiknya diganti dengan produk dari brand Kawahara untuk mengurangi kemungkinan terjadi selip saat bermanuver atau pada putaran tinggi.

Biasanya masing-masing orang punya cara berbeda terkait modifikasi mesin motor, termasuk komponen apa saja yang perlu diganti. Intinya tiap orang punya ide dan selera sendiri terhadap hobinya memodifikasi mesin kendaraan. Namun jika masalahnya soal kecepatan, cara modifikasi Revo mesin 110cc diatas bisa dicoba dan Anda bisa merasakan sendiri perubahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here