MotoGP – Sirkuit Valencia, Spanyol menjadi ajang test Team Suzuki Ecstar yang rampung selama 2 hari. Secara keseluruhan kedua rider milik Suzuki Ecstar, Alex Rins dan Joan Mir cukup puas dengan performa Prototype 2020 yang baru mereka lakukan uji coba.

Bahkan menurut Ken Kawauchi, sang Manager teknis Suzuki, tingkat kepuasan kedua rider ini mencapai presentase 80 persen. Nah, akankah Suzuki mampu berbicara banyak di MotoGP musim 2020 dengan prototype terbaru mereka?

Bukan Mesin Baru

Modifikasi Suzuki Ecstar

Menghadapi gelaran MotoGP musim 2020 sebenarnya Suzuki tidak benar-benar menghadirkan mesin baru. Yang mereka usung adalah evolusi mesin besutan 2019 dengan sedikit perombakan di beberapa sektor. Diharapkan dengan mesin lama rasa baru ini mereka bisa lebih kompetitif melawan rival-rival berat semacam Honda, Yamaha, dan Ducati.

Kembali pada test Team Suzuki Ecstar di Sirkuit Valencia, kali ini Alex Rins maupun Joan Mir mencatatkan total 226 laps dalam test selama dua hari. Sepertinya Suzuki lebih fokus pada dua poin krusial yaitu sektor mesin dan elektronik.

Masih menurut sang manajer teknis, prototype 2020 milik Suzuki ini punya keuntungan dari segi power. Artinya secara kapasitas lebih besar dan lebih halus jika dibanding mesin pada musim 2019. Kendati demikian dari sektor Top Speed sepertinya masih perlu pembenahan lagi sebab sektor tersebut menjadi titik lemah dalam beberapa musim terakhir.

Intinya tujuan utama dari test prototype Suzuki Ecstar di Sirkuit Valencia ini adalah untuk menguji mesin berspesifikasi 2020 dengan kedua rider-nya. Hasilnya, tim menerima feedback cukup positif. Dalam artian Alex Rins dan Joan Mir sudah merasa cukup puas.

Spesifikasi Mesin 2020 Masih Terus Dikembangkan

berita MotoGP

Pada kesempatan yang sama Ken kawauchi juga berharap dapat mengkonfirmasi spesifikasi prototype 2020 pada rehat musim dingin untuk lebih mengembangkan mesin terbaru mereka. Hal ini tentu saja mengacu pada regulasi MotoGP bahwa seluruh pabrikan wajib menghomoglasikan mesin baru sebelum musim 2020 digelar di Losail, Qatar musim depan.

Sementara itu Davide Brivio, sang manager Suzuki Ecstar, menjelaskan tentang pentingnya mengunci spesifikasi mesin sebelum libur pada musim dingin. Hal ini supaya rider mereka Alex Rins dan Joan Mir mampu mempertajam fokusnya pada waktu set-up prototype 2020. Dengan begitu mereka bisa fokus ke part yang lain, misalnya area sasis, sebelum dilanjutkan pada test pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia yang digelar Februari 2020 mendatang.

Senada dengan sang manager, ujung tombak Suzuki Ecstar Alex Rins juga menyebutkan bahwa tes prototype 2020 berjalan sangat positif. Ia merasa performanya meningkat dan konsisten di setiap lap dengan mesin barunya kali ini.

Nah, jika kalian penasaran dengan prototype 2020 milik Team Suzuki Ecstar, sepertinya kalian harus sabar menunggu hingga gelaran MotoGP musim 2020 dimulai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here