Jenis Ban Sesuai Kondisi Jalan Untuk Keamanan dan Performa

0

Modifex.com – Ban, baik untuk sepeda motor atau mobil merupakan salah satu bagian yang vital. Apalagi jika Anda termasuk pengguna motor kelas berat alias menggunakan sepeda motor sehari-hari dengan intensitas yang tinggi. Maka Anda harus pandai-pandai memilih dan membedakan tipe dan jenis-jenis ban yang sesuai dengan medan jelajah Anda setiap hari. Jika Anda tidak memperhatikan kondisi ban dan jalanan yang Anda lalui, hal ini bisa berbahaya. Ban yang tidak sesuai berpotensi pada keselamatan Anda.

Jalanan yang becek, lembab, licin tentu membutuhkan jenis ban yang berbeda dengan jalanan yang kering dan mulus. Sama halnya dengan jalanan yang cenderung berpasir atau bergelombang dan berlumpur. Anda yang sehari-hari hidup di jalanan tentu paham benar bahwa kondisi jalan baik di kota maupun di pedesaan memang bermacam-macam tantangannya. Karena itu, Anda sendirilah yang harus cermat dalam memilih ban dan merawat kendaraan Anda agar selalu nyaman digunakan.

Ban ada beberapa tipe, yaitu ban basah, ban kering serta ban kering dan basah.

Ban basah digunakan khusus untuk jalanan yang sering atau cenderung basah. Jenis ban basah didesain sedemikian rupa, memiliki alur yang mengisi hingga tepian ban. Gunanya tentu saja sebagai jalan air agar air terbuang dengan cepat saat melalui jalan yang basah tersebut. Jika Anda menggunakan ban basah untuk jalan kering, ban ini tak berfungsi optimal bahkan cepat gundul atau licin.

Gambar Ban untuk medan yang basah, ban tipe basah ini biasanya memiliki cukup banyak alur yang menjangkau tepi ban

Tipe ban kering sebaliknya tidak memiliki alur sama sekali atau hanya sedikit saja. Ban ini sangat cocok digunakan pada jalan kering tanpa khawatir selip atau terpeleset. Tentu ban yang kelihatan mulus dan gundul ini sama sekali tak cocok untuk jalan basah karena resiko selip sangat tinggi (baca : ban corsa platinum untuk cornering)

Ban untuk medan Kering, Tipe dan jenis ban sesuai kondisi jalan berbeda-beda. Penting untuk memperhatikan jenis ban yang tepat sesuai medan dan intensitas agar keamanan berkendara lebih terjamin, kendaraan lebih sehat dan awet.

Terakhir, adalah tipe ban kering sekaligus ban basah pada satu produk. Ban ini alurnya tidak terlalu banyak serta traksinya juga baik. Jenis terakhir ini banyak beredar di Indonesia yang memang kadang kering kadang basah.

Ban Kering dan basah pada umumnya memiliki motif / alur yang tidak terlalu banyak

Ketika Anda ingin membeli ban bagi kendaraan Anda, maka sesuaikan dengan kebutuhan, jenis jalan yang Anda sering lalui serta jenis kendaraan Anda. Jika Anda termasuk orang yang membutuhkan kendaraan untuk bekerja sehari-hari pilihlah ban dengan permukaan tapak sedang. Pada ban tapak kecil kendaraan jadi gampang terpelanting, ban juga rawan bocor atau pecah. Ban tapak sedang motor lebih stabil dan tidak boros bahan bakar sehingga penggunaannya pun lebih aman dan awet.

Ban Corsa Platinum R99 Untuk Cornering

Bagi Anda yang sehari-hari menggunakan motor, sebaiknya Anda memilih ban dengan ukiran bermotif searah. Seperti umumnya ban pabrikan, ukirannya akan miring menyamping, hal ini bertujuan agar ban bisa mengalirkan air ke samping serta permukaan ban kuat untuk mencengkeram permukaan jalan. Dengan memperhatikan ukiran, maka laju kendaraan akan lebih stabil ketika melewati jalan basah atau licin pada situasi hujan.

Selain hal-hal diatas, Anda sebaiknya memperhatikan kode pada ban. Kode pada ban meliputi ukuran yaitu yang sesuai dengan kendaraan Anda. Jika menggunakan ukuran yang tidak sesuai, maka akan beresiko pada bensin yang lebih boros atau ban yang tidak awet, selain itu juga memperberat kerja mesin. Kode produksi ban juga harus diperhatikan. Ban pun bisa kadaluarsa. Ban yang terlihat baik namun kadaluarsa bisa beresiko sudah terjadi perubahan pada kualitas karet atau bahan yang tidak lagi layak untuk digunakan.

Kesimpulannya, sebagai pengendara kendaraan bermotor baik motor maupun mobil, Anda harus paham tentang ban yang Anda gunakan sesuai dengan medan yang Anda lalui dan intensitas Anda berkendara. Jenis ban, tipe ban dan cara memilih ban harus diperhatikan. Karena menggunakan ban yang keliru akan beresiko baik terhadap keselamatan Anda maupun terhadap keawetan ban dan mesin kendaraan Anda nantinya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here