Minat masyarakat untuk menggunakan kartu E-Money saat ini dapat dikatakan sangat tinggi. Tentunya dengan fitur cash-less dan kemudahan untuk deposit, kartu e-money dapat digunakan untuk pembayaran yang bermacam-macam, mulai dari pembayaran parkir hingga pembayaran tol. Melihat adanya fenomena tersebut, Koprs Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia melakukan kerja sama dengan empat bank nasional di Indonesia. Bank-bank tersebut adalah Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan satu bank swasta untuk melahirkan SMART SIM.

Penampilan Kartu Sim yang baru, Smart Sim

sumber : Kompas.com

Tampilan berbeda jelas telihat pada bagian depan kartu yang menampilan informasi data diri pengendara. Kini, digunakan angka untuk mengganti keterangan dasar seperti Nama, Tempat tanggal lahir, dan informasi lainnya. Informasi tersebut menggunakan font anticopy. Desain dari kartu itu sendiri dibuat menjadi lebih nasionalis dengan warna merah putih yang dilengkapi dengan logo lantas (dengan tinta yang tidak terlihat / invicible ink).

Di dalamnya, terdapat chip untuk merekam data forensik, sekaligus dengan data pengendara yang bersangkutan. Dengan adanya chip tersebut, maka segala macam bentuk pelanggaran pengguna jalan akan terekam.

Pada bagian belakang terlihat desain bendera merah putih yang dilengkapi dengan letter microtext untuk tulisan SIM, dan juga tulisan INA dan SIM yang dibubuhkan dengan menggunakan dual hidden image.

Sebagai kartu E-Money, maka kartu ini dapat diisi saldo sampai dengan Rp2.000.000,- yang nantinya dapat digunakan untuk pembayaran.

Grand Launching

sumber : Beritagar.id

Kartu ini mulai diperkenalkan pada softlaunching di Bekasi pada tanggal 22 Agustus lalu. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri, Grand Launching untuk Smart Sim akan dilakukan pada 22 September 2019 yang bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Pengurusan Smart SIM dan Penggantian SIM Lama

Untuk mendapatkan Smart SIM, agan bisa mengurus terlebih dahulu perekaman untuk kartu Smart SIM tersebut. Namun, setelah melakukan perekeman, agan harus bersabar karena harus menunggu sampai dengan peluncuran kartu tersebut secara Nasional pada bulan September mendatang.

Lalu bagaimana dengan sudah terlanjur mengurus perpanjangan SIM Lama? Bagi agan yang telah melakukan perpanjangan SIM sampai 5 tahun berikutnya, maka agan bisa menunggu terlebih dahulu sampai masa berlakunya habis.

4 KOMENTAR

  1. Bagus Suryadi

    Wah bermanfaat bgt infonya min. Ty

  2. Winardy

    Multi fungis bgt nih SIM nya

  3. hermasnyah

    Wih bentar lagi Launchingnya gan.

  4. Rendra Wicaksono

    Informasinya sangat up to date min, mantap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here