Modifikasi Vega – sebelum booming motor matic bikin heboh di tanah air, motor bebek Yamaha Vega R sempat berjaya di zamannya. Paling tidak ada beberapa generasi Yamaha Vega setelah diluncurkan pertama kali tahun 2004 sekaligus membuktikan eksistensinya beberapa tahun silam.

Meskipun tak lagi diproduksi secara massal toh popularitas Yamaha Vega tidak pernah pudar. Minimal modifikasi Vega untuk beberapa tipe yang ditampilkan di sejumlah event masih sukses menarik perhatian publik.

Anda punya motor Vega jadul yang sayang kalau dijual? Modifikasi Vega R berikut ini mungkin dapat menginspirasi Anda untuk mendapatkan tampilan motor jadul menjadi motor “baru”.

Modifikasi Vega R Thai Look Style

Thailook style hampir pasti menjadi pilihan utama modifikasi motor, termasuk untuk Yamaha Vega. Ini karena modifikasi yang berkiblat pada gaya motor Thailand tersebut memang identik dengan anak muda.

Ciri khas modif Thailokk Style sendiri yaitu penggunaan ban kecil atau populer disebut ban cacing. Kendati demikian modifikasi ini ternyata mencakup banyak bagian. Tak hanya mengganti ban standar dengan ban cacing dan velg jari-jari namun bagian knalpot juga tak luput dari sentuhan modifikasi.

Jika modifikasi yang diinginkan lebih dari 50 persen, biasanya bagian yang diremajakan berikutnya adalah desain motor dengan decal sticker . Bila perlu stang diganti model stang jepit. Untuk bagian bodi disarankan memilih kombinasi warna yang pas karena bagian tersebut mempengaruhi tampilan secara keseluruhan. .

Modifikasi Vega R Standard Style

Modifikasi Vega R Thailook Style
Modifikasi Vega R Thailook Style

Tak banyak perubahan dari modifikasi Vega R gaya standar. Biasanya modif seperti ini lebih disukai orang-orang dewasa yang cenderung “tidak neko-neko”. Artinya mereka kurang suka tampilan motor yang terlihat alay dengan tambahan aksesoris warna-warni yang mecolok.

Ada sedikit perombakan di beberapa bagian modif standar untuk motor Vega R yaitu bagian roda, rem custom serta suspensi. Bukan modifikasi desain yang mencolok namun perubahan di beberapa bagian tadi hanya untuk faktor kenyamanan saja. Misalnya rem custom dipadukan dengan ban tubeless.

Modifikasi Vega R Ceper Style

sumber ig : @riow___

Kembali ke selera anak muda, modifikasi Vega R model ceper juga identik dengan gaya anak muda masa kini. Ciri khas modif ini yaitu dengan menurunkan ukuran suspensi motor baik depan maupun belakang. Namun begitu ada pula yang memodifikasi Vega R ini dengan modif ekstrim, salah satunya dengan membenamkan rangka motor lebih dalam.

Modifikasi gaya ceper ini tidak disarankan digunakan untuk aktivitas harian. Selain kurang nyaman, perombakan yang tidak semestinya di beberapa sektor cenderung berbahaya terutama ketika harus berekselarasi di tikungan tajam. Modifikasi ekstrim juga mempengaruhi sistem pengereman sehingga risiko terjadi kecelakaan lebih tinggi dibanding motor bebek standar.

Modifikasi Vega R Drag

sumber : majalahbikeart.wordpress.com
sumber : majalahbikeart.wordpress.com

Untuk memodifikasi motor yamaha new vega r menjadi motor drag saya rasa memeng memerlukan effort dan tentunya biaya yang lebih banyak dari pada modifikasi standar. Seperti gambar motor di atas saya yakin pasti kalian ga tau kan kalo itu motor vega r ? dari segi tampilan aja udah dirombak abis dari atas sampe bawah, atau dari depan sampai belakang.

Apapun pilihannya, modifikasi Vega R memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sekaligus faktor risiko yang ditimbulkannya. Oleh sebab itu disarankan hanya menggunakan motor modifikasi untuk kepentingan tertentu, misalnya balapan. Selebihnya, untuk penggunaan sehari-hari sebaiknya menggunakan motor standar pabrik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here