Modifikasi Yamaha XJR 1300 Dengan Inspirasi Mobil Balap Fiat 1917

1702

Yamaha XJR 1300 menjadi project Yamaha Yard Built ketika berada di Eropa. Motor Yamaha ini, bisa digolongkan sebagai motor gede. Dengan 1250 cc yang dimilikinya bisa menghasilkan kecepatan yang cukup luar biasa. Numbnut Motorcycles di Belanda menjadi builder yang menamai karyanya Botafogo-N. Roderick Seibert sebagai buider merekrut Gannet Design sehingga modifikasinya sesuai dengan mobil balap Fiat.

Yang menjadi inspirasi dari Botafogo-N ini adalah mobil balap Fiat tahun 1917 yang dibangun satu-satunya di tahun itu. Tampilan retro Yamaha XJR 1300 yang menawan dipadukan dengan Fiat race car membuat nuansa racer café menjadi semakin kental. Botafogo-N menggunakan velg warna hitam satin karya Boranni M-Ray dan ban Pirelli Phantom Spor membuat tampilan sebagai racer café menjadi semakin menawan.

Modifikasi XJR

Meskipun dirombak secara optimal, namun tidak merubah struktur rangka aslinya. Numbnut Motorcycles mendisain dan membangun bodi Botafogo-N tanpa menggunakan mesin. Untuk mengaplikasikan modifikasi karyanya, cukup dengan memasang pada dudukan yang telah ada atau dengan cara bolt-on. Modifikasi yang dilakukan tidak serta merta menurunkan performa aslinya. Dengan desain yang aerodinamik memungkinkan Yamaha XJR 1300 memiliki performa yang sama saat sebelum dimodifikasi.

Modifikasi XJR Tampak Belakang

Pada lampu depan Numbnut Motorcycles menggunakan komponen mutakhir LED pada Botafogo-N sehingga memiliki pencahayaan yang tajam, namun tidak menyilaukan pengendara didepannya. Mark van Wijk mengerjakan pengecatan sehingga hasil yang didapatkan bisa lebih optimal. Modifikasi yang dibuat bukan saja menguatkan tampilan dari Yamaha XJR 1300, namun juga membentuk identitas baru sebagai Botafogo-N.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here