Beberapa Jenis Oli Motor yang Perlu Diketahui

0

Modifex.com – Memilih oli motor Terbaik memang tidak boleh dilakukan sembarangan karena oli menjadi kebutuhan sehari-hari mesin. Fungsi oli untuk motor sendiri bukan sekedar pelumas sepeda motor saja, tapi juga mendinginkan mesin, melindungi dari karat dan membantu menutupi celah-celah di dinding mesin. Dengan menggunakan oli, gesekan yang terjadi pada komponen di dalam mesin motor menjadi halus karena oli melumasi bagian tersebut. Hal ini memudahkan mesin bekerja mencapai suhu ideal pada sepeda motor.

Anda harus berhati-hati dalam memilih oli mesin, karena setiap motor mempunyai spesifikasi, komponen dan teknologi mesin yang berbeda. Jika dilihat dari tingkat kekentalan, kandungan dan kemampuan adaptasinya, oli pun berbeda-beda. Maka Anda perlu mengetahui jenis oli motor agar mesin berfungsi secara maksimal. Cara memasukkan oli harus dituang ke dalam mesin. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan semua permukaan dinding silinder dari karbon, oksida dan kerak sisa pembakaran sehingga ketika oli dituangkan seluruh sisa kotoran itu terbuang.

1. Yang  kualitas minyak pelumas ikut menentukan kebersihan mesin motor. Nah, ada dua cara untuk mengetahui ragam jenis oli motor. Cara pertama adalah mengenali bahan dasar dari oli tersebut, antara lain adalah:

a. Oli berbahan dasar mineral
Oli ini memiliki kelebihan tahan terhadap penguapan karena memakai minyak bumi sebagai bahan dasarnya. Namun oli memiliki kekurangan yaitu kekentalannya (viskositas) yang mudah berubah sehingga kurang tahan terhadap kondisi ekstrim dan suhu tinggi. Jika Anda memakai sepeda motor buatan lama lebih cocok memakai oli jenis ini karena sepeda motor tersebut memiliki celah-celah mesin yang renggang. Menurut para ahli, jika sudah terbiasa memakai oli mineral jangan langsung menggantinya dengan oli sintetis, karena hal ini bisa mengganggu pemakaian mesin.

b. Oli berbahan dasar semi sintetis
Oli jenis ini kualitasnya lebih baik dibandingkan oli berbahan dasar mineral. Performa olinya semakin baik karena kandungan oli ini terdiri dari oli mineral dan zat-zat khusus. Oli ini paling banyak dijual di pasaran, walaupun harganya lebih mahal karena spesifikasi oli makin meningkat. Kelebihan dari oli jenis ini adalah kekentalan (viskositas) dan tingkat penguapannya lebih baik dari oli berbahan dasar mineral. Oli semi sintetis paling cocok dipergunakan untuk sepeda motor mesin baru dari pabrik.

c. Oli berbahan dasar sintetis
Lalu, ada juga oli berbahan dasar sintetis yang paling baik kualitasnya, dimana oli ini paling mahal harganya diantara jenis oli lain. Oli sintetis terbuat dari bahan termurni dari oli mineral yang sudah disaring yaitu polyalphaolifins. Oli sintetis ini kekentalannya (viskositas) paling baik sehingga tahan lama bahkan di kondisi ekstrim dan lebih mudah menguap dibandingkan oli mineral. Jika Anda menggunakan sepeda motor high performance, multi silinder, multi klep dan kompresi tinggi seperti motor balap maka oli ini yang paling cocok dipakai.

2. Cara kedua adalah mengenali jenis oli dari kode dan sertifikasi pada kemasan oli. Coba perhatikan, pada kemasan oli akan terlihat kode huruf dan angka contohnya 10W-40 API service SL atau JASO MA2. Kualitas oli bisa dilihat dari kode tersebut dan yang paling diakui serta menjadi standar adalah kode dari API (American Petroleum Institute) dan JASO (Japanese Automotive Standard Association). Selain itu di kemasan oli juga tercantum kode angka kekentalannya (viskositas).

Perbedaan Oli Shell Advance AX7 Ori dan Palsu

API (American Petroleum institute) menggunakan kode S untuk bensin dan C untuk solar, seperti SA, SL dan CB, CH. Semakin tinggi kualitas oli maka inisial yang dipakai makin mendekati Z, contoh API Service SL untuk motor keluaran tahun 2001. Motor pabrikan Jepang memakai kopling basah (terendam oli) maka sebaiknya menggunakan oli dengan kode JASO. Kode belakangnya menunjukkan kualitas, misalnya JASO MA2 dan untuk tipe mesin motor yaitu JASO MB. Kemudian kode angka untuk menunjukkan viskositas, seperti 20W-50.

Demikianlah cara mudah untuk mengenali jenis oli yang akan digunakan untuk kendaraan bermotor Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here